Saturday 4 February 2017

5 Penyebab Mata Kedutan serta Gejala Penyakit yang Ditimbulkan

Penyebab Mata Kedutan- Mata Kedutan atau bahasa medisnya disebut dengan Blefarospasme merupakan gerakan berulang kelopak mata bagian atas dan terjadi secara spontan. Gerakan tersebut terjadi sesekali dan berlangsung sekitar 1 sampai 2 menit. Nah, kondisi mata kedutan ini tidak bisa disepelekan meskipun pada umumnya kondisi mata kedutan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Berikut ini 5 hal yang menyebabkan mata kedutan serta gejala penyakit yang ditimbulkan.

Kurang tidur


Salah satu penyebab mata kedutan adalah kurang tidur. Tidur merupakan salah kegiatan istirahat yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Dengan tidur maka organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik. Selain dapat menimbulkan beberapa penyakit, ternyata kurang tidur juga dapat menjadi pemicu mata kedutan. Jadi apabila mata anda kedutan itu bisa menandakan bahwa anda butuh tidur. Oleh sebab itu bagi anda yang suka tidur larut malam atau bergadang, mulailah untuk istirahat dengan cukup sehingga mata anda tidak kedutan lagi.

Stress


Stress juga dapat menjadi penyebab mata kedutan. Stress mengakibatkan otot-otot menjadi tegang dan tidak relax. Banyak cara untuk mengatasi stress, misalnya yoga, mendengarkan musik, jalan-jalan pagi, melakukan kegiatan alam, dan masih banyak lagi.  Apabila stress tidak diobati dan dihilangkan maka akan memicu depresi bahkan bisa memicu penyakit lainnya. Oleh sebab itu tenangkan diri dan pikiran anda serta kelola emosi anda agar tidak stress.

Kelelahan


Mata kedutan dapat juga disebabkan oleh kelelahan. Kelelahan dapat dipicu karena aktivitas anda yang padat sehingga fisik anda pun lelah dan membutuhkan istirahat. Jadi luangkanlah waktu di sela-sela pekerjaan anda agar anda tidak kelelahan. Selain itu kelelahan juga dapat terjadi pada mata. Misalnya karena menatap layar komputer atau pada saat sedang membaca. Oleh sebab itu janganlah menatap lama-lama ke layar komputer. Luangkan waktu sekitar 5 menit untuk mengistirahatkan mata anda, begitu juga ketika anda sedang membaca.  

Alkohol dan kafein


Alkohol dan kafein memang tidak baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat yang dapat memicu penyakit.  Selain itu alkohol dan kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan mata kedutan. Oleh sebab itu kurangilah kadar alkohol dan kafein, kalau bisa hindari dan berhenti mengkonsumsinya.

Alergi


Kondisi mata yang alergi merupakan salah satu faktor penyebab mata menjadi kedutan. Alergi pada mata ini biasanya ditandai dengan gejala mata kemerahan, mata berair, dan gatal-gatal. Biasanya hal ini dipicu oleh bakteri dan kuman yang masuk ke mata, misalnya debu. Oleh sebab itu janganlah mengucek-ucek mata anda terlebih lagi ketika tangan anda tidak bersih. Dengan mengucek-ucek mata maka akan membuat kondisi mata anda tambah parah.

Mata Kedutan dapat Memicu Menificial Spasm


Apabila kedutan mata menjadi buruk dan terjadi terus-menerus maka dapat menyebabkan penglihatan kabur hingga kejang pada wajah atau menificial spasm. Menificial spasm merupakan gangguan yang disebabkan tekanan arteri pada saraf yang melibatkan bagian lain dari otot wajah, biasanya bagian mulut. Kejang tersebut hanya berdampak pada salah satu bagian wajah saja. Meskipun jarang, tapi mata kedutan ini dapat mengindikasikan terdapat gangguan saraf dan otak. Penyakit-penyakit saraf tersebut antara lain bell’s palsy yaitu kondisi lumpuh pada sebagian wajah, dystonia, Parkinson, sindrom Tourette, dan multiple sclerosis. Masing-masing penyakit tersebut tentu tidak dapat disepelekan dan harus segera ditangani. Jadi jika anda mengalami kondisi seperti ini sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis saraf.

Itulah 5 Penyebab Mata Kedutan dan gejala penyakit yang dapat ditimbulkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment