Sunday 12 February 2017

Cara Menghilangkan Kedutan di Tubuh, Penyebab, dan Bahaya Kedutan

Cara Menghilangkan Kedutan di Tubuh- Dalam dunia medis kedutan merupakan salah satu hal yang tidak asing lagi. Terdapat kedutan yang minor dan juga kedutan yang berbahaya untuk kesehatan. Oleh sebab itu jika anda mengalami kedutan maka anda tidak boleh menyepelekannya. Berikut informasi mengenai penyebab dan bahaya kedutan di tubuh serta bagaimana cara menghilangkan kedutan di tubuh.

Penyebab kedutan di tubuh


Terdapat berbagai faktor yang meyebabkan kedutan di tubuh. Beberapa faktor tersebut merupakan pengaruh dari gaya hidup anda. Nah, berikut beberapa penyebab kedutan yang terjadi di tubuh.

Gangguan saraf motorik ke-7


Salah satu penyebab terjadinya kedutan di tubuh adalah gangguan saraf motorik ke-7. Gangguan saraf motorik ke-7 ini sering kali menyebabkan kedutan pada area mata. Namun kedutan karena hal ini biasanya akan sembuh sendiri. Selain itu kondisi ini juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi Vitamin E atau multivitamin penambah darah.

Kurang istirahat


Kurang istirahat atau tidur juga dapat menyebabkan kedutan di tubuh. Kedutan akibat kelelahan ini sering kali terjadi pada area mata, biasanya mata kelelahan karena terlalu lama menatap layar komputer atau membaca. Namun kedutan karena kurang istirahat juga dapat terjadi pada area tubuh lainnya seperti lengan. Oleh sebab itu perbanyaklah waktu istirahat agar kondisi tubuh tetap prima dan tidak kelelahan.

Stress


Stress juga merupakan penyebab kedutan pada tubuh. Stress menyebabkan otot-otot tubuh anda menegang sehingga terjadi kedutan. Oleh sebab itu jauhi diri anda dari stress misalnya dengan melakukan yoga, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Tenangkan pula pikiran anda agar otot-otot tubuh tidak menegang.

Kafein dan alkohol


Kafein dan alkohol merupakan dua zat yang tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan alkohol juga dapat menyebabkan tubuh kedutan. Hal ini dikarenakan baik kafein dan alkohol dapat memicu tekanan pada pembuluh darah meningkat.

Kadar gula darah rendah


Jika beberapa area tubuh mengalami kedutan secara acak dan memburuk pada saat anda belum makan atau menjalankan program diet, maka hal ini dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah. Rendahnya kadar gula darah dalam tubuh akan membuat tubuh memompa adrenalin sehingga kedutan pun muncul.

Bahaya kedutan


Jika kedutan terjadi terus-menerus maka hal tersebut menandakan bahwa kesehatan anda sedang terganggu terutama bagian saraf tubuh. Dalam kondisi yang sangat parah maka akan menyebabkan kejang pada wajah. Gangguan kejang pada wajah ini disebabkan oleh tekanan arteri pada saraf yang melibatkan bagian lain dari otot wajah seperti mulut. Selain itu pada kondisi tertentu maka kedutan dapat menjadi gejala gangguan saraf dan otak seperti penyakit bell’s palsy, Parkinson, bahkan ataxia.

Cara menghilangkan kedutan di tubuh


Cara menghilangkan kedutan di tubuh, terutama pada bagian mata yang sering kali mengalami kedutan adalah istirahat yang cukup. Anda juga dapat melakukan pijatan di area mata, mengompres mata, dan melakukan teknik hidroterapi mata yaitu dengan memercikan air dingin dan air hangat secara bergantian ke mata anda yang tertutup. Untuk menghilangkan kedutan secara keseluruhan di tubuh maka anda harus rajin mengkonsumsi makanan bergizi dan menjalani gaya hidup yang sehat. Yang paling penting adalah berkonsultasi ke dokter untuk perawatan dan pengobatan lebih lanjut agar kedutan di tubuh segera hilang.

Jadi itulah informasi seputar Cara Menghilangkan Kedutan di Tubuh, Penyebab, dan Bahaya Kedutan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment