Sunday 12 February 2017

Mata Kedutan Sebelah Kiri Tandanya Apa: Science vs Mitos

Mata Kedutan Sebelah Kiri Tandanya Apa- Mata kedutan mungkin pernah dialami beberapa orang. Kondisi mata yang kedutan ini sering kali dikaitkan dengan mitos. Mitos-mitos tersebut pun kebanyakan merupakan pertanda atau firasat bahwa sesuatu akan terjadi. Namun ternyata mata kedutan di dunia medis bukanlah hal yang asing lagi. Nah, berikut informasi seputar mitos mata kedutan dan penyebab mata kedutan dalam science.

Mitos tanda mata kedutan sebelah kiri


Banyak orang yang percaya mitos seputar mata kedutan. Lalu mata kedutan sebelah kiri tandanya apa? Nah, berikut ini beberapa mitos mengenai mata kedutan sebelah kiri:
  • Kedutan pada kelopak mata kiri atas: jika kedutan terjadi pada kelopak mata kiri atas maka hal ini menandakan bahwa anda akan bertemu kekasih atau orang yang sangat dicintai.
  • Kedutan pada kelopak mata kiri bawah: kedutan pada bagian mata ini dianggap mempunyai arti bahwa anda akan sakit atau terserang penyakit dalam waktu dekat atau dalam beberapa hari yang akan datang. Biasanya sakit yang akan anda derita adalah demam.
  • Kedutan pada ekor mata kiri atas: arti kedutan pada ekor mata kiri atas adalah anda akan bertemu dengan saudara atau keluarga jauh.
  • Kedutan pada ekor mata kiri bawah: untuk kedutan pada ekor mata kiri bawah dipercaya merupakan pertanda bahwa anda akan sakit dalam waktu dekat. Memang arti yang satu ini sama dengan kedutan pada kelopak mata kiri bawah.
  • Kedutan pada alis mata kiri: mitos dari kedutan pada alis mata kiri adalah bahwa anda akan bertemu dengan keluarga atau saudara yang sudah lama tidak anda lihat. Selain itu kedutan pada bagian ini dapat menjadi pertanda bahwa anda akan bertemu orang yang sangat anda rindukan.
Mitos-mitos tersebut memang terjadi pada sebagian orang. Namun beberapa orang juga menganggap bahwa kejadian yang terjadi tersebut bisa saja merupakan suatu kebetulan belaka.

Penyebab mata kedutan menurut medis


Lalu bagaimana kedutan pada mata tersebut dilihat dari sisi medis? Mata kedutan dalam medis disebabkan oleh kelelahan otot pada kelopak mata. Jika kedutan tersebut terjadi secara sering dan terus-menerus maka dapat juga disebabkan oleh iritasi pada permukaan mata dan membrane konjungtiva. Di samping itu terdapat faktor lainnya yang dapat mempengaruhi mata kedutan seperti stress, mata lelah, kafein dan alkohol, mata kering, ketidakseimbangan nutrisi, dan alergi. 

Dalam dunia medis terdapat pula tipe-tipe mata kedutan yaitu kedutan minor dan blefarospasme esensial jinak. Kedutan minor pada mata biasanya muncul karena gaya hidup yang tidak sehat seperti kelelahan, stress, serta iritasi pada kornea mata atau lapisan dalam kelopak mata. Kedutan minor ini pada umumnya dianggap tidak berbahaya. Sedangkan blefarospasme esensial jinak merupakan kedutan yang dianggap berbahaya. Jika kedutan terjadi secara sering dan juga semakin memburuk, maka dapat menyebabkan penglihatan kabur bahkan kejang pada wajah. Jenis kedutan mata yang satu ini dapat disertai kondisi mata berikut:
  • Mata sensitif terhadap cahaya dan mata kering
  • Bleafaritis yaitu peradangan pada kelopak mata yang disebabkan oleh alergi, pertumbuhan bakteri, dan tersumbatnya kelenjar minyak pada kelopak mata
  • Konjungtivitis yaitu radang permukaan dalam kelopak mata
  • Trikiasis yaitu kondisi saat bulu mata tumbuh ke dalam arah mata serta menyentuh kornea atau konjungtiva
  • Uveitis yaitu peradangan pada lapisan tengah jaringan dinding mata Entropion yaitu kondisi kelopak mata bagian bawah masuk ke dalam bagian mata 
Jadi Mata Kedutan Sebelah Kiri Tandanya Apa? Semua itu kembali lagi pada anda untuk lebih percaya pada mitos atau ilmu pengetahuan terutama medis. Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment