Sunday 12 February 2017

Mitos Mata Kedutan dan Penyebabnya Menurut Medis

Mitos Mata Kedutan- Mata kedutan meupakan kondisi mata yang bergerak secara tiba-tiba. Biasanya mata kedutan hanya terjadi beberapa detik saja. Namun ternyata banyak orang yang menganggap bahwa mata kedutan merupakan pertanda akan terjadi sesuatu. Apakah anda merupakan salah satu orang yang percaya pada mitos tersebut? Nah, berikut informasi seputar mitos mata kedutan dan mata kedutan dilihat dari sisi medis.

Mitos arti mata kedutan


Terdapat berbagai mitos mata kedutan. Banyak orang yang percaya akan mitos-mitos tersebut, namun sebagian orang juga menganggap hal tersebut merupakan suatu kebetulan. Ini dia mitos-mitos seputar mata kedutan:

  • Kelopak mata kanan bawah: kedutan di kelopak mata kanan bahwa menandakan bahwa anda akan mengalami kesedihan.
  • Kelopak mata kanan atas: kedutan pada kelopak mata kanan atas menandakan bahwa anda akan mendapatkan keuntungan besar dalam bisnis atau pekerjaan.
  • Kelopak mata kiri bawah: kedutan di kelopak mata kiri bawah memiliki arti seperti kedutan pada kelopak mata kanan bawah yaitu anda akan mengalami kesedihan.
  • Kelopak mata kiri atas: kedutan pada kelopak mata kiri atas dapat berarti bahwa anda akan bertemu dengan seseorang yang sangat dirindukan atau bisa juga anda akan menemukan barang yang suda lama dicari.
  • Kelopak mata kanan: kedutan pada kelopak mata kanan menandakan hal yang baik atau bahagia yaitu anda akan mendapat keuntungan.
  • Kelopak mata kiri: kedutan di kelopak mata kiri menandakan bahwa anda akan bertemu dengan kekasih atau orang yang anda cintai.
  • Ekor mata kanan atas: kedutan pada ekor mata kanan atas menandakan bahwa anda akan sembuh dari sakit yang anda derita.
  • Ekor mata kanan bawah: kedutan pada ekor mata kanan bawah menandakan bahwa anda akan bertemu dengan orang jauh seperti teman lama.
  • Ekor mata kiri atas: kedutan di ekor mata kiri atas ini menandakan bahwa anda akan bertemu dengan sanak saudara atau keluarga jauh.
  • Ekor mata kiri bawah: kedutan di ekor mata kiri bawah memiliki arti bahwa anda akan terserang penyakit.
  • Biji mata kanan: kedutan pada biji mata kanan berarti menandakan bahwa anda akan bersedih.
  • Biji mata kiri: kedutan pada biji mata kiri memiliki arti bahwa anda akan mendapatkan kebahagiaan.

Penyebab mata kedutan dalam medis


Terlepas dari mitos-mitos tersebut, sebenarnya penyebab mata kedutan ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Dalam dunia medis mata kedutan ini merupakan suatu kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi. Mata kedutan dapat terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi dalam waktu singkat. Kemudian denyutan pembuluh darah tiba-tiba mengalami kontraksi melalui nervus facialis sehingga membuat otot mata kejang sementara. Di samping itu penyebab mata kedutan dalam medis dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kelelahan, stress, alkohol, kafein, kurang istirahat, mata kering, dan alergi.

Mata kedutan gejala penyakit?


Sebenarnya mata kedutan bukanlah permasalahan yang sangat serius dalam dunia medis. Namun mata kedutan akan menjadi masalah yang serius dan berbahaya apabila terjadi berkelanjutan dan dalam jangka waktu panjang. Jika anda mengalami mata kedutan yang terus-menerus dan dalam jangka waktu yang panjang maka mungkin saja merupakan gejala penyakit terutama penyakit saraf dan otak. Gejala penyakit tersebut bisa juga disertai dengan gejala-gejala lainnya.. Penyakit saraf dan otak tersebut adalah belly’s palsy, dystonia, Parkinson, dan sindrom Tourette. Oleh sebab itu jika anda mengalami kedutan mata yang berlebihan, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis saraf dan otak.

Itulah informasi mengenai mitos mata kedutan. Semuanya kembali lagi kepada anda untuk percaya atau tidak, yang penting tetap jaga kesehatan anda.

No comments:

Post a Comment